Tips Tampil Mengesankan Saat Wawancara Daring Ini Penting

By | February 27, 2020

Karena dampak dari adanya virus corona membuat semua hal harus dilakukan jarak jauh. Salah satunya adalah wawancara kerja. Biasanya wawancara kerja ini dilakukan secara langsung oleh pelamar. Pelamar akan langsung datang ke tempat perusahaan yang dituju. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat ingin  melamar pekerjaan dan melakukan wawancara. Hal ini tak jauh berbeda saat kamu melakukan wawancara secara online.

Tips Wawancara Secara Daring

Saat ingin melakukan wawancara secara daring kamu harus memperhatikan beberapa hal. Tak jauh berbeda saat melakukan wawancara seperti biasanya. Berikut adalah tips melakukan wawancara secara daring.

  • Pertama adalah kamu harus mengenakan pakaian seperti pada saat melakukan wawancara biasa. Yaitu pakaian formal. Bukan berarti wawancara dilakukan secara daring kamu bisa menggunakan pakaian santai. Hal ini akan mempengaruhi poin penilaian tentunya. Pakaian menjadi salah satu indikator seberapa serius kamu dalam mendaftar di bidang pekerjaan tersebut. Sehingga kamu harus mengenakan pakaian formal seperti pada saat wawancara langsung. Formal di setiap perusahaan berbeda-beda. Ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang budaya berpakaian pada perusahaan yang ingin dituju.
  • Kedua, meskipun saat wawancara daring posisinya adalah duduk dan tidak menampilkan bawahan yang kamu kenakan. Sebaiknya tetap kenakan celana formal. Tidak menutup kemungkinan pada akhir sesi kamu diminta untuk berdiri. Jika hanya mengenakan atasan formal tanpa celana formal tentu ini menjadi hal buruk untukmu. Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut maka kenakan pakaian formal dari atas hingga bawahan. Termasuk mengenakan dasi untuk terlihat lebih rapi.
  • Ketiga adalah untuk wanita jangan kenakan atasan tanpa lengan atau kutung. Jika ingin mengenakan atasan tanpa lengan sebaiknya padukan dengan blazer. Kamu harus memberikan kesan pertama yang baik. Pastikan warna yang digunakan juga masih netral seperti hitam, putih, atau abu-abu. Jangan menggunakan warna yang terlalu mencolok. Selain itu, cobalah untuk merapikan rambut atau jilbab yang kamu gunakan. Ikat rambutmu atau rapikan dengan menggunakan hair spray agar rambut tidak terlihat berantakan. Gunakan juga bawahan formal seperti rok atau celana formal.
  • Keempat adalah gunakan make up untuk menunjang penampilanmu. Mungkin tips ini ditujukan untuk wanita. Kamu bisa gunakan make up tipis yang dapat menunjang penampilanmu. Gunakan bedak, blush on dan lipstik untuk membuat penampilanmu menjadi lebih menarik. Selain itu, kamu juga akan terlihat lebih segar dan tidak kusam.
  • Kelima adalah saat menjawab pertanyaan jawablah dengan yakin dan lantang. Sama seperti pada saat kamu melakukan wawancara langsung. Carilah koneksi internet yang paling baik di sekitarmu. Hal ini akan menunjukkan keseriusanmu terhadap pekerjaan yang akan kamu ambil.

Mengatur Kamera Untuk Wawancara

Itulah beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat melakukan wawancara secara daring. Selain itu, ada hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu penempatan kamera. Saat wawancara kamu perlu menempatkan kamera dengan tepat. Gunakan background tembok dengan warna yang tidak mencolok. Jangan menggunakan latar tempat yang menampilkan banyak barang. Selain itu, pilihlah tempat yang tertutup dan tidak banyak orang. Jangan sampai saat wawancara banyak suara bising yang mengganggu. Gunakan laptop untuk memaksimalkan tampilan diri. Gunakan username sesuai dengan nama atau ketentuan dari perusahaan. Saat melaksanakan wawancara jangan gugup dan tetap menatap kamera. Jangan memandang sekitar. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu.

Share Button