UMKM Pemula Harus Perhatikan Hal ini

By | February 11, 2020

Usaha mikro kecil menengah  atau yang juga biasa dikenal dengan UMKM ini menjadi salah satu usaha yang banyak ditemui di sekitar. Contohnya saja adalah penjual bubur yang setiap pagi menjual makanan untuk sarapan. Baik yang dijual keliling atau yang sudah memiliki kios. Mereka semua disebut dengan usaha UMKM. Tak hanya itu saja warung sembako tempat kamu membeli bahan pokok juga dapat dikatakan sebagai UMKM. Sangat beragam bukan? Peluang usaha dan keuntungan dari UMKM ini tidak terbatas.

Asalkan kamu mau berusaha maka kamu dapat menerima keuntungan yang tidak kalah jauh dari pekerjaan lainnya. Untuk dapat dikatakan sebagai usaha UMKM ada beberapa kriteria dari UMKM sendiri. Seperti contohnya untuk usaha mikro keuntungan yang didapatkan per tahunnya maksimal adalah 50 juta. Untuk usaha kecil, menengah hingga besar tentu saja keuntungannya lebih meningkat. Terlebih lagi, saat ini UMKM mendapatkan banyak dukungan dari pihak pemerintah.

Kelebihan UMKM dibanding Usaha Lain

UMKM memiliki kelebihan lain dibandingkan dengan jenis usaha lainnya. Apa sajakah kelebihan dari UMKM tersebut? Berikut beberapa kelebihan UMKM yang harus kamu ketahui.

  • Kelebihan pertama, dengan usaha ini akan lebih cepat untuk berinovasi. Kaya untuk operasional, UMKM ini tidak serumit perusahaan besar atau bisa dikatakan mudah dapat membuat inovasi menjadi cepat terealisasi. Saat kamu sudah menemukan sebuah ide maka lebih cepat untukmu dalam merealisasikannya.
  • Kelebihan kedua, usaha ini lebih terfokus pada satu bidang. Misalnya saja kamu memiliki usaha di bidang kuliner. Maka orang-orang lebih mengenalmu dalam bidang ini. Fokus usaha yang dijalankan juga dalam bidang kuliner.
  • Kelebihan ketiga adalah usaha UMKM ini lebih mudah untuk dimulai. Pertama adalah karena tidak membutuhkan persyaratan yang rumit. Kedua adalah karena tidak membutuhkan banyak modal untuk kamu memulai usaha ini. Meskipun tidak banyak modal yang harus kamu keluarkan tentunya kamu tetap akan mendapatkan banyak keuntungan.

Tips Memulai Bisnis UMKM

Sebelum kamu memutuskan untuk terjun dalam dunia UMKM ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan. Berikut tips bermanfaat dalam memulai usaha UMKM.

  • Tips pertama yang harus kamu lakukan yaitu mempersiapkan mental. Tidak semua yang dijalankan akan mulus. Kamu tentu akan menghadapi hambatan. Sehingga sangat penting untukmu mempersiapkan mental jika usaha yang akan kamu rintis nantinya mengalami kegagalan. Dengan begitu kamu akan lebih kuat untuk menjalankan lagi usaha lain atau bahkan memulai kembali dengan usaha yang sama.
  • Tips kedua adalah pemilihan bidang untuk usaha. Ada banyak sekali bidang yang dapat dijadikan sebagai usaha. Seperti bidang kuliner, kesehatan, pariwisata, fashion dan lain sebagainya. Pemilihan bidang ini sebaiknya didasarkan pada kemampuan. Kamu bisa memilih bidang usaha yang benar-benar kamu kuasai. Sehingga akan lebih mudah untukmu dalam mengembangkan usaha tersebut.
  • Tips ketiga adalah persiapkan modal yang akan kamu gunakan. Kamu perlu menghitung dengan benar berapa modal yang harus dikeluarkan untuk membuka sebuah usaha. Meskipun usaha ini tidak memerlukan banyak modal tetap saja kamu harus memperhitungkan dengan matang. Perhatikan apa saja yang harus kamu siapkan untuk mencapai usaha ini. Perhitungan harus didasarkan oleh skala prioritas.
  • Tips keempat yaitu kamu harus fokus pada satu bisnis terlebih dahulu. Untuk pemula khususnya, biasakan untuk tidak membagi fokus usaha pada beberapa bidang. Karena hal tersebut akan sangat berdampak pada cara pengembangan dan pengelolaan bisnis yang sedang dijalankan.
Share Button